Banser Jember Ikut Amankan Gereja Saat Perayaan Natal

Banser Jember Ikut Amankan Gereja Saat Perayaan Natal
Banser Jember ikut menjaga pengamanan Natal di sejumlah gereja di Kabupaten Jember pada Sabtu (25/12/2021). (ANTARA/HO-GP Ansor Jember)

jpnn.com, JEMBER - Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Jember Izzul Ashlah mengatakan Banser ikut mengamankan puluhan gereja pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Kami sudah membuat instruksi kepada seluruh Satkoryon Banser di Cabang Jember untuk berkoordinasi dengan Muspika dan Gereja di daerah masing-masing untuk membantu pengamanan Natal," kata Izzul Ashlah dalam siaran pers di Jember, Sabtu.

Menurutnya, pihaknya sudah berkeliling patroli di beberapa titik gereja di daerah kawasan kota untuk menyapa dan menyampaikan salam damai kepada saudara umat Kristiani yang merayakan Natal.

"Kami bergerak atas dasar merawat ukhuwah wathaniyah dan basyariah, melanjutkan perintah warisan almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur) untuk menebar salam damai kepada saudara kita yang beragama lain, utamanya saat perayaan hari raya mereka," tuturnya.

Dia menjelaskan urusan menjaga gereja tidak ada sangkut pautnya dengan urusan aqidah dan hal tersebut merupakan gerakan atas dasar kemanusiaan.

"Kami membayangkan di belahan bumi yang lain dimana umat Islam di sana menjadi minoritas, akan sangat tenang ketika agama mayoritas memberikan salam damai, menjaga dan menjamin bahwa umat Islam dapat melakukan ibadah dengan tenang," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, GP Ansor bergerak untuk mengamankan gereja-gereja di Kabupaten Jember saat umat Kristiani melakukan kebaktian Natal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, karena masih pandemi COVID-19.

"Kami optimistis konsep pluralisme akan mempersatukan umat beragama seperti yang diperjuangkan oleh almarhum Gus Dur, sehingga semuanya dapat bersatu dalam menghargai dan saling menghormati perbedaan," ujarnya.

Perayaan Natal 2021 di Kabupaten Jember, Jatim, berjalan kondusif. Banser ikut mengamankan puluhan gereja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News