Rabu, 17 Juli 2019 – 20:00 WIB

Bantah Ada Bencana Kelaparan di Papua

Kamis, 24 November 2011 – 18:49 WIB
Bantah Ada Bencana Kelaparan di Papua - JPNN.COM

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono membantah adanya kabar yang menyebut telah terjadi bencana kelaparan di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua.

"Setelah dilakukan pengecekan, memang ada gangguan distribusi logistik di Intan Jaya karena gangguan cuaca, tetapi tidak sampai terjadi kelaparan," kata Agung saat memberikan keterangan pers di Kantor Kemenkokesra, Jakarta, Kamis (24/11).

Selain di Intan Jaya, juga beredar kabar terjadi bencana kelaparan melanda 19 kampung di Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua, sejak empat bulan lalu akibat gagal panen tahunan yang disebabkan hujan terus menerus. Selain gagal panen, beberapa rumah juga rusak akibat longsor.

Agung mengaku, telah berkoordinasi langsung dengan Deputi I Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial dengan Pemerintah Daerah setempat, dalam hal ini Bupati  Intan Jaya, Maximus Songgonaouw.

Dari laporan Bupati itu, kata Agung, kejadian ini di kabupatenitu belum dikategorikan sebagai bencana karena penduduk masih memiliki persediaan makanan walaupun terbatas. Karenanya, Bupati belum melaporkan kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

"Pemda juga secara rutin mendrop logistik yang hanya bisa disalurkan melalui udara. Saat ini Kabupaten Intan Jaya telah menerima bantuan beras sebanyak tiga ton dari Pemprov Papua," katanya.

Meski demikian, Agung tak  menampik pernah beberapa kali terjadi keterlambatan dalam pendistribusian logistik karena alasan faktor cuaca. "Pada bulan November dan Desember ini memang di sana cuacanya sangat berat sehingga jadwal penerbangan yang membawa logistik ikut terganggu. Namun tidak sampai kelaparan," ujar Agung.

Agung berjanji akan menambah kekuatan armada pesawat yang mendistribusikan logistik ke daerah tersebut sekaligus berkoordinasi dengan BNPB dan Kemensos untuk segera memberikan bantuan kepada Pemda Kabupaten Intan Jaya jika kondisi di lapangan semakin buruk.

"Saya akan mengecek terus untuk memastikan. Selain itu pemerintah juga menegaskan kesiapan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya masalah-masalah terkait bencana yang bersifat darurat dengan sistem dukungan logistik yang tersedia," tandasnya. (kyd/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar