Banten Bangun Terminal LPG Terbesar

Banten Bangun Terminal LPG Terbesar
Banten Bangun Terminal LPG Terbesar
JAKARTA - British Petroleum (BP) dan PT Banten Energy Terminal (BET) segera membangun terminal LPG (liquid petroleum gas) berkapasitas 1 juta metrik ton per tahun. Di dukung Japan Gas Corporation (JGC), proyek tersebut berlokasi di desa Mangunreja, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.

Terminal tersebut menurut rencana akan dijadikan sebagai tempat (storage) pembekuan gas hingga minus 40 derajat Celcius dan menjadi terminal terbesar di Indonesia. "Kami menargetkan pembangunan itu pada akhir tahun ini dan sudah beroperasi. Kami akan mengurus semuanya, termasuk perizinannya," kata Kris H Sulisto, Presdir PT BET di Jakarta, kemarin.

Kris belum bisa menyebut berapa dana yang dikucurkan masing masing perusahaan terutama dari JGC dan BP. Meski begitu, menurutnya, dana yang dibutuhkan untuk tahap awal mencapai USD 200 juta. "Pemerintah bisa bersinergi untuk membangun industri hilirnya, antara lain menambah jumlah SPBE (stasiun pengisian bulk elpiji) di Banten," ungkapnya.

Proyek pembangunan akan melibatkan ribuan warga sekitar sementara pada tahap operasionalnya nanti dibutuhkan 300 karyawan. Terminal akan berdiri di atas lahan seluas 20 hektar.

JAKARTA - British Petroleum (BP) dan PT Banten Energy Terminal (BET) segera membangun terminal LPG (liquid petroleum gas) berkapasitas 1 juta metrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News