Bantu Israel Hadapi HAMAS, AS Kerahkan Kapal Induk Pembawa Jet Tempur

Bantu Israel Hadapi HAMAS, AS Kerahkan Kapal Induk Pembawa Jet Tempur
Kapal induk USS Gerald R. Ford milik Angkatan Laut AS (US Navy). Foto: Twitter/Warship_78

jpnn.com, WASHINGTON DC - Amerika Serikat (AS) mengerahkan kapal induknya yang membawa pesawat tempur menuju sisi timur Laut Mediternia untuk mendekati wilayah Israel.

Negeri Paman Sam itu menganggap Gerakan Perlawanan Islam atau HAMAS yang menyerang Israel demi mempertahankan kedaulatan Palestina merupakan kelompok teroris.

Pada Sabtu lalu (7/10), HAMAS menggelar Operasi Banjir Al-Aqsa untuk menghujani wilayah Israel dengan ribuan roket.

Kelompok perlawanan yang menguasai Jalur Gaza di Palestina itu juga menggerakkan pasukannya untuk menginfiltasi wilayah Israel. Selanjutnya, HAMAS menyandera tentara maupun warga Negeri Yahudi tersebut.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyatakan pihaknya telah memerintahkan USS Gerald R. Ford bersiap membantu Israel pasca-serangan HAMAS yang menewaskan lebih dari 1.000 orang dari kedua belah pihak.

Di antara korban tewas maupun hilang itu terdapat warga negara AS.

“AS mempertahankan kesiapan pasukannya secara global untuk lebih memperkuat postur pencegahan jika diperlukan,” ujar Austin dalam pernyataannya di Washington DC, Minggu (8/10).

AS tidak hanya mengerahkan USS Ford mendekati Israel. Pemerintahan negeri pimpinan Presiden Joe Biden itu juga menggerakkan kapal jelajah USS Normandy dan kapal perusak USS Thomas Hudner, USS Ramage, USS Carney, serta USS Roosevelt untuk mengiringi USS Ford.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyatakan pihaknya telah memerintahkan kapal induk USS Gerald R. Ford bergerak ke sisi timur Laut Mediterania.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News