Bantu Korban Gempa Cianjur, TNI AL Mengirimkan Tim Kesehatan

Bantu Korban Gempa Cianjur, TNI AL Mengirimkan Tim Kesehatan
Tangkapan layar peta guncangan gempa bermagnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com - JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengirimkan tim kesehatan untuk membantu korban gempa bumi bermagnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tim kesehatan yang akan diterjunkan malam ini terdiri dari sejumlah unsur gabungan TNI Angkatan Laut, di antaranya, tim kesehatan Markas Besar TNI AL, Rumah Sakit Marinir, Cilandak, hingga unsur Tim Kesehatan dari Pangkalan TNI AL III/Jakarta.

"Bapak Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono akan mengirim tim kesehatan malam ini,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono ketika dikonfirmas di Jakarta, Senin (21/11).

TNI AL memiliki Pangkalan TNI AL Bandung, yang bermarkas komando di Bandung, Jawa Barat, yang dekat dengan lokasi bencana alam itu. 

"Ini saya masih rapat. Untuk sementara yang akan diturunkan malam ini tim kesehatan, logistik, dan obat-obatan. Besok kami kirim dapur lapangan Marinir dan logistik tambahan," ujarnya.

Terkait alat berat yang akan dikerahkan, dia menyatakan bahwa saat ini pihaknya masih menggelar rapat untuk memetakan kebutuhan di lokasi di lapangan. 

"Sementara masih didiskusikan di Marinir, tetapi kemungkinan ke arah situ (menerjunkan sejumlah alat berat untuk membantu proses evakuasi)," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan bahwa gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11) pukul 13.21 WIB. 

TNI AL bergerak cepat membantu korban gempa Cianjur. TNI AL langsung mengirimkan tim kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News