Bantu Mengembangkan Bisnis UMKM, WhatsApp Menguji Coba 2 Fitur Baru

Bantu Mengembangkan Bisnis UMKM, WhatsApp Menguji Coba 2 Fitur Baru
Fitur baru WhatsApp khusus untuk para pelaku UMKM. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Merayakan Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Internasional 2023, WhatsApp menguji coba dua fitur baru.

Dua fitur tersebut terdiri dari fitur beriklan baru dan juga fitur pesan berbayar yang memudahkan pelaku UMKM mengembangkan bisnis mereka lewat aplikasi WhatsApp Business.

"Kami berharap bahwa adanya fitur-fitur ini bisa mendukung UMKM di Indonesia bisa lebih maju lewat teknologi," ujar Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian dalam acara "WhatsApp MSME Summit 2023" di Jakarta, Selasa.

Adapun fitur beriklan yang baru dijelaskan oleh Pieter memudahkan pelaku UMKM menyebarkan iklan usahanya hanya dari satu aplikasi, yaitu WhatsApp Business tanpa perlu membuka lagi akun Facebook.

Fitur itu disebutnya sebagai kemajuan karena para pelaku UMKM yang ingin beriklan lewat WhatsApp Business sebelumnya harus memiliki akun Facebook.

Kini pelaku UMKM bisa beriklan lewat WhatsApp Business hanya dengan alamat email dan bentuk pembayaran.

Nantinya ketika seseorang mengeklik iklan, iklan tersebut akan membuka chat di WhatsApp sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian.

Selanjutnya, fitur kedua ialah pesan berbayar yang nantinya memudahkan pelaku UMKM untuk terhubung secara lebih personal dengan pelanggan baru maupun pelanggan tetap.

Merayakan Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Internasional 2023, WhatsApp menguji coba dua fitur baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News