Bantu Tingkatkan Penjualan UMKM, Sandiaga Uno Beri Bantuan Sarana Prasarana

Bantu Tingkatkan Penjualan UMKM, Sandiaga Uno Beri Bantuan Sarana Prasarana
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Dok Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berupaya meningkatkan kemampuan pelaku ekonomi kreatif yang menjadi binaan.

Salah satunya memberikan bantuan sarana dan prasarana berupa laptop, CCTV, AC, showcase panas, showcase dingin, printer, projector, laser barcode.

Sandiaga menegaskan pelaku UMKM harus melek digital, karena 97 persen mereka yang akan menciptakan peluang usaha baru.

"Di tahun 2025 ekonomi mencapai Rp 150 miliar, berarti itu sebuah angka yang sangat besar. Kami menginginkan bahwa UMKM melek digital dan pelatihan bukan hanya hari ini tapi terus bergulir. Targetnya 4,4 juta lapangan kerja di 2024 karena 97 persen UMKM yang akan menciptakan," ujar Sandiaga di HR Academy Indonesia, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (29/1).

Selain itu, Batur Sandi Uno akan mengisi banyak pelatihan-pelatihan pendampingan untuk sarana kegiatan pemasaran. Ada juga ruang podcast yang akan membantu pelaku UMKM untuk mencetak konten-konten kreatif karena berdampak positif terhadap peningkatan omzet hampir 65 persen.

Ketua Batur Sandi Uno Jakarta, Sri Wulandari mengatakan bantuan pemerintah yang di-support oleh Kemenparekraf bisa menunjang kebutuhan konten bagi UMKM.

Menurutnya bantuan tersebut terbukti meningkatkan penjualan.

"Bantuan pemerintah ruang kreatif di-support oleh Kemenparekraf sehingga lebih cepat geraknya sesuai arahan Pak Sandi gercep, gaspol, dan geber untuk bisa membuat podcast bagi produk UMKM lebih maju serta penjualan lebih meningkat," tutur Wulan.

Sandiaga Uno menegaskan pelaku UMKM harus melek digital, karena 97 persen mereka yang akan menciptakan peluang usaha baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News