Bantuan Alsintan Kementan Berdampak Konkret Terhadap Pembangunan Pertanian

Bantuan Alsintan Kementan Berdampak Konkret Terhadap Pembangunan Pertanian
Petani menggunakan alsintan berupa traktor. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Bantuan pertanian yang kerap diberikan Kementerian Pertanian (Kementan) berdampak konkret terhadap pembangunan pertanian di daerah.

Tercatat, dalam waktu empat tahun terakhir bantuan alat pertanian (alsintan) yang diberikan kepada petani sudah lebih dari 350 ribu unit.

Direktur Alsintan Kementan Andi Nur Alam Syah mengatakan, pemberian bantuan alsintan membantu perkembangan pertanian.

Adanya peningkatan alsintan yang dimiliki petani, kata dia, membantu meningkatkan indeks mekanisasi pertanian dalam mempercepat pengolahan lahan, penanaman, dan pemanenan.

“Jadi hasilnya (pemberian alsintan kepada petani) sudah ada. Manfaatnya sudah dirasakan petani,” kata Andi Nur Alam Syah, Jumat (3/4).

Dengan adanya pemberian alsintan yang kerap dilakukan, Kementan berkomitmen melakukan pengawasan peredaran dan pendaftaran alsintan.

Selain itu, Andi menjelaskan, Kementan juga terus berupaya memperkuat kelembagaan untuk mengelola alsintan yang beredar di petani melalui Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) dan Brigade Alsintan.

Menurut Andi, kehadiran UPJA dapat melindungi pengguna dari alat atau mesin yang tidak layak pakai dan mencegah beredarnya alat atau mesin pertanian yang mutunya tidak memenuhi standar serta tidak sesuai dengan kondisi spesifik lokasi, baik produksi dalam negeri maupun pemasukan dari luar negeri.

Bantuan pertanian yang kerap diberikan Kementerian Pertanian (Kementan) berdampak konkret terhadap pembangunan pertanian di daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News