Ditjen PSP Kementan Dorong Pemda Sukseskan Program Serasi

Ditjen PSP Kementan Dorong Pemda Sukseskan Program Serasi
Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah daerah (Pemda) dinilai sangat berperan dalam menentukan sukses atau tidaknya program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) atau yang disebut optimasi lahan rawa.

Pasalnya, pemda yang punya lahan. Selain itu, pemda pula yang punya sumberdaya manusia (petani).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan, sampai saat ini minat daerah untuk mengembangkan lahan rawa cukup tinggi.

“Pemda setempat sangat berperan menentukan keberhasilan optimasi lahan rawa yang dikembangkan Kementan. Jadi, kalau pemdanya tidak berperan aktif atau tidak mendukung, program Serasi ini tidak akan sukses,” ujar Sarwo Edhy, Kamis (2/4).

Sarwo Edhy mengaku optimistis program Serasi dapat terealisasi seperti yang diharapkan. Apalagi, lahan rawa aman dari aspek lingkungan dan bahaya kebakaran.

“Program Serasi ini beda dengan Program Gambut Sejuta Hektare, di mana lahannya mudah terbakar. Program Serasi memanfaatkan tanah mineral, bukan lahan gambut. Selain itu juga hasilnya sudah terbukti di lapangan,” kata Sarwo Edhy.

Seperti diketahui, Kementan tahun 2019 ini akan menggarap pengembangan lahan rawa dan pasang surut seluas 500.000 hektare di enam provinsi.

Namun, setelah divalidasi, ternyata hanya 400.000 ha yang siap CPCL (Calon Petani Calon Lokasi).

Pemerintah daerah (Pemda) dinilai sangat berperan dalam menentukan sukses atau tidaknya program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) atau yang disebut optimasi lahan rawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News