Bantuan Pangan Bulog jadi Solusi Kenaikan Harga Beras?

Bantuan Pangan Bulog jadi Solusi Kenaikan Harga Beras?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan program Bantuan Pangan beras Bulog merupakan salah satu solusi menghadapi fluktuasi harga beras. Foto (ilustrasi): Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan program Bantuan Pangan beras Bulog merupakan salah satu solusi menghadapi fluktuasi harga beras.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat hadir langsung dalam kegiatan penyaluran Bantuan Pangan beras di Kota Tangerang Selatan hari ini Senin (19/2).

"Bapak Ibu sekalian, kenapa pemerintah memberikan beras 10 kilogram setiap bulan kepada masyarakat? Karena, harga beras di seluruh dunia saat ini mengalami kenaikan harga, tidak hanya di Indonesia saja," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, kenaikan harga beras dipicu kegagalan panen yang disebabkan oleh bencana El Nino di seluruh dunia.

Kepala Negara menyebut produksi menurun sementara kebutuhan konsumsi masyarakat cenderung tetap atau bahkan mengalami peningkatan.

"Adanya perubahan iklim, perubahan cuaca, sehingga banyak yang gagal panen padahal yang makan tetap, produksinya berkurang, sehingga harganya menjadi naik. Pemerintah memberikan bantuan beras ini agar meringankan bapak ibu semuanya", jelas Presiden.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyatakan saat ini pemerintah tengah bersiap untuk melakukan penyerapan beras dari dalam negeri yang berasal dari panen raya pada Maret nanti.

Menurutnya, saat ini pemerintah berkomitmen melakukan upaya-upaya untuk menghadirkan kesimbangan beras di pasaran sehinggan produsen dan konsumen menerima kebaikan dari kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan program Bantuan Pangan beras Bulog merupakan salah satu solusi menghadapi fluktuasi harga beras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News