Banyak Beredar Mitos Vaksin Berbahaya, Begini Kata Guru Besar UI

Banyak Beredar Mitos Vaksin Berbahaya, Begini Kata Guru Besar UI
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Berbagai negara di dunia saat ini tengah melakukan penelitian untuk menemukan vaksin Covid-19, termasuk Indonesia.

Uji klinis vaksin Sinovac, telah masuk tahap III dan selesai melakukan penyuntikan kepada seluruh sukarelawan.

Penelitian tersebut dikawal langsung oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan keamanan, dan kemanjurannya sebelum nantinya digunakan masyarakat.

Pelaksanaan uji klinis ini harus memenuhi aspek ilmiah dan menjunjung tinggi etika penelitian sesuai pedoman cara uji klinik yang baik.

Sejauh ini hasil uji klinik fase III dinyatakan aman dan tidak ditemukan reaksi berlebihan.

Kendati demikian, masih beredar mitos-mitos mengenai vaksin di masyarakat. Sementara sebagian besar masyarakat sudah mempercayai dan mengakui kegunaan vaksin bagi pencegahan infeksi penyakit menular.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Cissy Kartasasmita mengatakan, mitos seputar vaksin cukup banyak. Karena itu, masyarakat diminta mewaspadai informasi yang membahas hal tersebut.

"Masyarakat harus pandai memastikan informasi yang benar. Hal yang tidak masuk akal harus kita tinggalkan. Terutama harus hati-hati untuk membagikannya dengan orang lain," kata dia dalam acara Dialog Produktif bertema Keamanan Vaksin dan Menjawab Mitos dengan Fakta, Senin (16/11).

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI mengatakan vaksin telah memberikan kesehatan bagi manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News