Banyak Menteri Disebut Minta Duit Tanpa Perencanaan

Banyak Menteri Disebut Minta Duit Tanpa Perencanaan
Banyak Menteri Disebut Minta Duit Tanpa Perencanaan
JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI, Sadar Subagyo, menyayangkan banyak kementerian yang hanya meminta uang tanpa mempunyai perencanaan. "Banyak kementerian yang tidak punya perencanaan tapi minta duit dulu. Setelah duit dapat baru bikin perencanaan," kata Sadar, Selasa (26/7), di Jakarta kepada pers.

Dia menyesalkan, kementerian hanya menggunakan perkiraan semata, tanpa membuat perencanaan program yang jelas untuk penggunaan anggaran. "Banyak mereka (menteri) minta anggaran itu pakai kira-kira, tidak punya perencanaan," kata politisi Partai Gerindra itu.

Hal inilah, menurut dia, yang menjadi salah satu penyebab bocornya anggaran. "Bayangkan tax ratio kita hanya 12 persen. Kebocoran penerimaan mencapai 25 persen," kata dia.

Dia mengatakan, sejak 2008 lalu, negeri ini selalu bangga kalau anggaran mengalami surplus. Padahal, kata dia, hal itu bukan karena prestasi. "Sejak 2008 kita selalu bangga anggaran surplus. Padahal, kita itu menghutang yang hanya untuk pencitraan. Awal tahun hutang, akhir tahun surplus. Padahal surplus itu karena utang yang tidak terpakai," katanya.

JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI, Sadar Subagyo, menyayangkan banyak kementerian yang hanya meminta uang tanpa mempunyai perencanaan. "Banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News