Banyak Mudik Gratis, Menteri Jonan Minta Organda Siap-siap

Banyak Mudik Gratis, Menteri Jonan Minta Organda Siap-siap
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memprediksi pengguna angkutan bus akan melonjak tajam saat arus balik Lebaran. Pasalnya, program mudik gratis yang diadakan instansi pemerintah maupun swasta kebanyakan tidak dibarengi dengan fasilitas pulang kembali ke Jakarta.

Bagi pemudik yang belum mengantisipasi dengan membeli tiket kereta api atau pesawat sejak jauh-jauh hari, tentu angkutan darat menjadi alternatif.

"Dia (pemudik) baliknya naik apa? Ya pasti naik bus. Jadi banyak terminal, misalnya Semarang, Kutoarjo, Solo, Jogja, Surabaya, Tuban, banyak dipenuhi penumpang," papar Jonan saat meninjau Posko Angkutan Lebaran di kantornya, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (20/7).

Kementerian Perhubungan mencatat, setidaknya ada 200 ribu penumpang yang mengikuti program mudik gratis yang disediakan oleh sejumlah instansi, baik pemerintah maupun swasta.

Karena itu, mantan dirut KAI ini meminta agar Organisasi Angkutan Darat (Organda) bersiap diri untuk mengantisipasi lonjakkan jumlah penumpang, yang diprediksi akan terjadi 21-26 Juli 2015. Termasuk kesiapan armada, maupun kesehatan para sopir bus.

"Karena mudik gratis tidak termasuk arus balik. Ini yang perlu diantisipasi. Kami sudah ngasih tahu Organda supaya siap-siap. Kapan? Mulai tanggal 21 (Juli), paling banyak 23, 24, 25, karena 26 terakhir liburnya. Rem semua dicek, kesehatan pengemudi. Pokoknya dicek semuanya, kalau nggak (dicek) mending nggak usah berangkat daripada nggak pernah tiba. Kan gitu," tandas Jonan. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memprediksi pengguna angkutan bus akan melonjak tajam saat arus balik Lebaran. Pasalnya, program mudik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News