Banyak Perusahaan Belum Bayar THR

Banyak Perusahaan Belum Bayar THR
Banyak Perusahaan Belum Bayar THR
JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR Indra, mengingatkan kembali perusahaan untuk segera membayar Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang lebaran.

Ia mengatakan, THR sebesar minimal satu bulan upah merupakan hak pekerja. Tegas "Perusahaan ha­­rus membayar THR selambat-lam­batnya tujuh hari sebelum hari raya," katanya, Senin (13/8).

Dijelaskan, pekerja dengan masa kerja tiga bulan berhak menerima THR dan yang belum 12 bulan kerja dihitung proporsio­nal dengan menghitung jumlah bulan kerja dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah. Menurut Indra, kewajiban membayar THR sangat jelas diatur di dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER.04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan dan juga telah diterbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.05/MEN/VII/2012 tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan dan Imbauan Mudik Lebaran Bersama.

"Berdasarkan hal tersebut, maka setiap pengusaha yang mempekerjakan buruh atau pekerja harus mematuhi ketentuan itu guna memenuhi hak THR para pekerjanya," beber Indra.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menegaskan, berdasarkan pengaduan yang diterimanya  serta pantauan di lapangan, sampai hari ini (H-5) masih banyak

JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR Indra, mengingatkan kembali perusahaan untuk segera membayar Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang lebaran. Ia mengatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News