Banyak Prestasi, Letjen TNI Doni Monardo Layak jadi Dubes RI untuk Spanyol

Banyak Prestasi, Letjen TNI Doni Monardo Layak jadi Dubes RI untuk Spanyol
Letjen TNI Doni Monardo. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo layak menjadi Duta Besar Indonesia untuk Spanyol.

Hal itu ditegaskan pemerhati pemerintahan Andrea H. Poeloengan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/5).

Menurut Andrea, sejumlah prestasi Doni Monardo dapat membuat keberadaan pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat, 10 Mei 1963 itu bisa berdampak positif bagi hubungan bilateral Indonesia dengan Spanyol.

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu menjelaskan sejumlah prestasi itu di antaranya mengatasi lahan gundul, mencegah potensi konflik, hingga melakukan pencegahan kebakaran hutan.

"Doni memiliki prestasi di bidang pencegahan-penyelesaian konflik dan bencana. Kemampuan tersebut mungkin bermanfaat bagi Spanyol yang sedang menghadapi situasi dinamis dari Catalonia," kata Andrea.

Rekomendasi usulan Andrea itu juga didasari oleh latar belakang akademis Doni Monardo yang dinilai cukup mumpuni untuk menjadi seorang duta besar Indonesia untuk Spanyol.

Menurutnya, anugerah doktor kehormatan yang diterima Doni dari IPB University, membuat mantan Danjen Kopassus itu pasti lebih mudah berinteraksi di kancah internasional.

Andrea pun meyakini hubungan Indonesia dengan Spanyol akan makin kuat apabila Doni Monardo menjadi dubes.

Mantan Kepala BNPB Letjen (TNI) Doni Monardo dinilai layak menjadi duta besar Indonesia untuk Spanyol. Doni Monardo memiliki banyak prestasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News