Banyak Proyek Pelabuhan Miliaran Mangkrak dari Zaman SBY

Banyak Proyek Pelabuhan Miliaran Mangkrak dari Zaman SBY
Uang. Ilustrasi Foto: Toni Suhartono/Indopos

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintahan Presiden Jokowi-JK saat ini sedang membenahi sejumlah proyek infrastruktur yang belum diselesaikan di zaman pemerintahan SBY.

Banyak di antaranya adalah proyek pelabuhan. Direktur Center for budget analysis (CBS), Uchok Sky Khadafi mengatakan banyaknya proyek pelabuhan yang mangkrak perlu diaudit terlebih dahulu sebelum dianggarkan.

"Proyek ini yang bertanggung jawab rezim SBY. Mereka harusnya yang bertanggung jawab, jika kemudian diadakan audit merekalah yang perlu diperiksa," kata Uchok dalam keterangan pers.

Menurut Uchok, proyek infrastruktur karena pemerintah saat ini berbasis investor. Jika kemudian ini tidak menguntungkan bagi investor maka tidak dilanjutkan.

Dari data yang diperoleh tercatat ada beberapa pelabuhan yang menggunakan dana APBN di era Presiden SBY yang sampai saat ini terbengkalai.

Tercatat ada beberapa pelabuhan warisan Era SBY yang mangkarak, seperti Pelabuhan Dempak yang menggunakan APBN 2013 Rp 57 miliar, sampai saat ini masih mangkrak.

Kemudian, Pelabuhan Moncoh, APBN 2013 total Rp 63 Miliar. Pelabuhan Meranti APBN 2013 total anggaran Rp 50 Miliar

Pelabuhan Teluk Tapang APB 2012 total anggaran Rp 128 miliar. Pelabuhan Tanjung Beringin APBN 2007 total anggaran Rp 16 Miliar.

Pemerintah Jokowi dan JK harus mengaudit proyek pelabuhan yang mangkrak sebelum dilanjutkan kembali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News