Bappenas Beberkan 3 Kunci Terciptanya Ekosistem Ekonomi Politik yang Kondusif

Bappenas Beberkan 3 Kunci Terciptanya Ekosistem Ekonomi Politik yang Kondusif
Bappenas membeberkan cara mewujudkan ekosistem ekonomi dan politik yang kondusif dalam webinar Ruang Bincang dengan tema Tata Kelola dalam Penyusunan Kebijakan. Foto: K2P

jpnn.com, JAKARTA - Plt. Direktur Regional II, Kedeputian Bidang Pengembangan Regional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Mohammad Roudo mengatakan ekosistem ekonomi dan politik yang kondusif dapat dicapai melalui tiga hal.

Pertama, koordinasi, kolaborasi penta-helix antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, peneliti, dan kebijakan.

Kedua, penyusunan kebijakan, termasuk dari perencanaan, dilandasi dengan basis bukti, data, informasi.

"Ketiga, ekosistem ekonomi dan politik yang kondusif bisa tercapai dengan memastikan enabling environment untuk mendorong inovasi,” kata Roudo saat webinar berkonsep Ruang Bincang dengan tema “Tata Kelola dalam Penyusunan Kebijakan”.

Webinar itu merupakan Ruang Bincang ke-tiga dari rangkaian Konferensi Knowledge-to-Policy (K2P).

Di sisi lain, Sekretaris Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Kurniasih mengatakan tumpang tindih regulasi bisa diuraikan dengan lebih memaksimalkan fungsi Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dan Dirjen Peraturan Perundang-Undangan.

"BPHN dan Dirjen perundang-undangan akan mengidentifikasi seluruh regulasi di level pusat yang akan diimplementasikan di daerah," ujar Kurniasih.

Kurniasih menjelaskan saat ini kompleksitas masyarakat dan pergeseran perspektif administrasi negara mengubah tata kelola menjadi agenda dan standar bagi penyelenggaraan negara.

Bappenas membeberkan cara mewujudkan ekosistem ekonomi dan politik yang kondusif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News