Barcelona Vs Inter Milan: Bisa Apa Tanpa Lionel Messi?

Barcelona Vs Inter Milan: Bisa Apa Tanpa Lionel Messi?
Lionel Messi. Foto: efe

jpnn.com, BARCELONA - Barcelona mendapat kesempatan yang tepat untuk membuktikan kepada dunia bahwa mereka bukan hanya Lionel Messi.

Sang dewa Barca itu cedera di saat timnya ditunggu dua agenda besar. Selain El Clasico melawan Real Madrid Minggu 28 Oktober, Barcelona akan menghadapi Inter Milan pada matchday ketiga di Grup B Liga Champions, Kamis (25/10) dini hari nanti.

Bisa apa Barca tanpa La Pulga (Si Kutu, julukan Messi)? Di atas kertas, Blaugrana masih tetap sangar tanpa Messi. Sejak 2008-2009, Barca tidak diperkuat Messi dalam 79 laga. Hasilnya, mereka hanya menelan sepuluh kekalahan.

Namun, musim ini bisa saja berbeda. Sebab, kontribusi Messi sangat krusial. Megabintang Argentina itu sudah mencetak 12 gol dan enam assist hanya dalam 12 pertandingan di semua ajang. ''Kami memiliki skuat yang cukup untuk menutupi kepergiannya,'' kata bek Gerard Pique kepada Marca.

Dia akan menjabat kapten tim Barcelona sepeninggal Messi. Ucapan suami bintang pop Shakira itu memang terdengar positif. Namun, fakta yang terjadi di lapangan sangat mungkin berbeda. Sebab, selain kehilangan Messi, Barca juga krisis bek tengah seiring cederanya Samuel Umtiti dan Thomas Vermaelen.

Tanpa Messi jelas akan bikin entrenador Ernesto Valverde memutar otak lebih kencang. Sebab, dia mengalami dilema apakah tetap menggunakan formasi 4-3-3 ataukah beralih menjadi 4-4-2. Sebab, untuk posisi dua winger pengapit striker utama Luis Suarez, praktis hanya Philippe Coutinho yang sedang on fire.

Dua pemain pelapis yakni Ousmane Dembele dan Malcom masih angin-anginan. Namun, andai Valverde masih kukuh menerapkan 4-3-3, maka Dembele dan Coutinho sangat mungkin menjadi pilihan. Formasi tersebut bisa fleksibel, berubah menjadi 4-4-2 atau 4-4-1-1 dengan Coutinho kembali ke pos aslinya.

Praktis, Barca akan bertumpu pada Coutinho dan Suarez. Khusus untuk Suarez, ketika kali terakhir Messi cedera ligamen yang membuatnya absen sampai dua bulan (September hingga November musim 2015-2016), striker timnas Uruguay itu mencetak 9 gol dalam 9 laga pada semua ajang.

Barcelona akan menjamu Inter Milan di Camp Nou, Kamis (25/10) dini hari WIB tanpa Lionel Messi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News