Bareskrim Bidik 9 Kasus Korupsi Besar Bernilai Triliunan

Bareskrim Bidik 9 Kasus Korupsi Besar Bernilai Triliunan
Kabareskrim, Komjen Budi Waseso. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Bareskrim Polri menegaskan, ada sembilan kasus korupsi besar yang kini tengah digarap. Jumlah itu termasuk tiga kasus besar sebelumnya yang salah satunya dugaan korupsi dan pencucian uang penjualan kondensat bagian negara oleh PT TPPI dan BP Migas.

"(TPPI) Ini baru satu kasus yang besar dari janji yang tiga dulu kan? Saya harus liat dulu, ternyata berkembang sekarang sudah ada sembilan calon kasus besar lagi," ungkap Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso, Jumat (26/6).

Namun sayang, Budi tak menyebut secara rinci kasus-kasus tersebut. Yang jelas, kata dia, kasus dugaan korupsi yang ditangani ini nilainya mencapai triliunan rupiah.

"Nilainya triliunan semua. Kan kita nangani triliunan," kata Budi.

Dia tetap tak mau membuka kasus-kasus itu dengan alasan masih belum masuk tahap penyidikan. "Kalau sudah penyidikan, berarti bahan bukti sudah sangat cukup," katanya.

Hanya saja, ia mengatakan, ada kasus baru maupun pengembangan. Termasuk pengembangan dari dugaan korupsi dan pencucian uang penjualan kondensat bagian negara. Namun, Budi tegas membantah bahwa kasus-kasus ini bukan pelimpahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Tidak, KPK lebih mampu masa mau dilimpahkan ke kita (Polri)? KPK kan jago," sindirnya. (boy/jpnn)


JAKARTA - Bareskrim Polri menegaskan, ada sembilan kasus korupsi besar yang kini tengah digarap. Jumlah itu termasuk tiga kasus besar sebelumnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News