Barracuda Aquilina, Hakim Gigih Pembantai Dokter Cabul

Barracuda Aquilina, Hakim Gigih Pembantai Dokter Cabul
Kiri: Hakim Rosemarie Aquilina. Kanan: Terpidana kasus pelecehan seksual, dokter cabul Larry Nassar. Foto: CNN

jpnn.com, LANSING - Sidang kasus pelecehan seksual Larry Nassar bisa jadi tidak semenarik ini jika hakim ketuanya bukan Rosemarie Aquilina. Perempuan 59 tahun itulah yang membesarkan hati para korban untuk bersaksi.

Dia juga memberikan kesempatan dan dukungan kepada korban untuk ’’menelanjangi’’ dokter cabul tersebut di ruang sidang.

Aquilina menjuluki para saksi Sister Survivors. Di matanya, 156 perempuan itu bukanlah korban Nassar. Mereka adalah penyintas kejahatan seksual.

Berkat Aquilina, para saksi mendapatkan waktu yang cukup untuk memaparkan kejahatan dokter lulusan Michigan State University (MSU) tersebut. Bahkan, waktu sidang yang semula dijadwalkan hanya empat hari molor menjadi sepekan.

’’Anda perempuan yang kuat dan pemberani,’’ ujar Aquilina saat tangis salah seorang saksi pecah di tengah kesaksiannya.

Hakim perempuan pertama yang tergabung dalam Judge Advocate General (JAG) Garda Nasional Michigan itu selalu menyimak kesaksian Sister Survivors sampai selesai.

Dia juga memberikan dukungan kepada mereka lewat kata-kata. ’’Tinggalkan luka Anda di sini,’’ katanya sambil menatap saksi yang nyaris tak bisa melanjutkan kesaksiannya karena terlalu emosional. 

Aquilina juga selalu mengingatkan mereka bahwa kesaksian yang disampaikan dalam sidang didengarkan dunia. Karena itu, mereka tak perlu takut mengungkapkan kejahatan seksual yang dilakukan Nassar pada masa lalu.

Sidang kasus pelecehan seksual Larry Nassar bisa jadi tidak semenarik ini jika hakim ketuanya bukan Rosemarie Aquilina

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News