Baru Kerja Sebulan, Karyawan Sudah Berhak Dapat THR

Baru Kerja Sebulan, Karyawan Sudah Berhak Dapat THR
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SANGATTA – Karyawan yang baru bekerja sebulan sudah bisa menikmati tunjangan hari raya. Hal itu sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan yang berlaku sejak 8 Maret lalu.

Permenaker yang merupakan salah satu peraturan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) No 78/2015 tentang pengupahan ini secara resmi menggantikan Permenaker No 4/1994 tentang THR keagamaan bagi pekerja di perusahaan.

"Jadi minimal satu bulan bekerja sudah berhak menerima THR. Besarannya dihitung proporsional sesuai masa kerja. Sedangkan yang sudah lebih 12 bulan bekerja, menerima THR satu bulan gaji," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kutim Abdullah Fauzi, Selasa (7/6) kemarin.

Selain itu, lanjut dia, pemberian THR tersebut berlaku bukan hanya bagi karyawan tetap. Karyawan yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) maupun perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) juga berhak mendapatkannya.

Sedangkan waktu penyalurannya paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan.

"Bagi perusahaan yang terlambat atau tidak membayarkan THR, akan mendapatkan sanksi denda dan administrasi. Tapi, kami masih tunggu petunjuk teknisnya," jelasnya. (aj/jos/jpnn)


SANGATTA – Karyawan yang baru bekerja sebulan sudah bisa menikmati tunjangan hari raya. Hal itu sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News