Basarah Ajak Mahasiswa Perkuat Iman Politik dengan Pancasila di Era Metavers

Basarah Ajak Mahasiswa Perkuat Iman Politik dengan Pancasila di Era Metavers
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menjadi pembicara seminar berjudul Metaverse: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi di Era Industri 5.0 di Kampus Institute Teknologi Nasional, Malang, Jawa Timur, Rabu (13/7). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, MALANG - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menyebut tiga gelombang perkembangan masyarakat dari agraris, industri, sampai informasi selalu menghadirkan peluang, tantangan, bahkan ancaman di era industri 5.0.Hal tersebut ditandai dengan kehadiran metaverse.

Karena itu, dosen Pancasila ini mengajak mahasiswa dan civitas academica lain memperkuat iman politik bernegara untuk membentengi ideologi Pancasila dari gempuran ideologi transnasional di ruang digital. 

“Di metaverse, pengguna bisa mengadakan rapat akbar. Siapa berani menjamin metaverse tidak mereka gunakan sebagai ruang terbuka maya untuk menyebarkan ideologi transnasionalisme?” kata Ahmad Basarah.

Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara seminar berjudul Metaverse: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi di Era Industri 5.0 di Kampus Institute Teknologi Nasional, Malang, Jawa Timur, Rabu (13/7). 

Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini menyatakan era internet of thing (IoT) membuat masyarakat bisa melakukan banyak hal dengan teknologi internet. 

Metaverse membuat masyarakat modern dapat berkumpul dan berkomunikasi di dunia virtual tanpa dibatasi ruang dan waktu.

“Banyak peneliti dan ilmuwan mengingatkan tentang munculnya persoalan yang jauh lebih besar di dunia digital dengan kehadiran metaverse, termasuk menjadikan metaverse sebagai markas kelompok teroris di masa depan akibat interaksi yang lebih nyata dengan peraturan perundang-undangan yang sangat longgar,” kata Ahmad Basarah. 

Anggota Komisi X DPR RI itu menjelaskan, di era media sosial konvensional, seperti Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, dan Whatsapp, penyebaran ideologi baru yang bertentangan dengan Pancasila bisa berlangsung masif.

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah mengajak mahasiswa memperkuat iman politik dengan ideologi pancasila di era metavers

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News