JPNN.com

Basarnas Diminta Terus Tingkatkan Koordinasi

Kamis, 31 Januari 2019 – 16:10 WIB Basarnas Diminta Terus Tingkatkan Koordinasi - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP)/Badan SAR Nasional untuk meningkatkan koordinasi dengan TNI, POLRI, Kementerian dan Lembaga juga organisasi kemasyarakatan untuk mengoptimalkan kinerjanya. 

Hal ini disampaikan Budi saat memberikan sambutan dalam acara Serah Terima Jabatan Kepala Basarnas di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/1).

"Harapan saya kepada Basarnas yang menjadi tulang punggung pada pertolongan dan kecelakaan bisa meningkatkan koordinasi dengan para stakeholder. Kami sebagai koordinator akan mendukung kegiatan-kegiatan ini karena begitu pentingnya kegiatan Basarnas," ujar Budi.

Koordinasi dengan stakeholder terkait kata Budi bisa dilakukan misalnya terkait pemanfaatan alutsista.

Dalam hal ini Budi menginginkan adanya satu koordinasi, sehingga alutsista dapat digunakan secara bersama. Seperti contoh saat penemuan CVR Pesawat Lion Air, alutsista yang digunakan yaitu milik TNI AL.

"Saya memang akan bicara lebih detail tentang alutsista yang harus dimiliki oleh Basarnas. Jauh lebih dari itu saya inginkan bahwa ada satu koordinasi dengan para stakeholder agar alutsista yang dimiliki oleh beberapa stakeholder itu bisa dipakai sama-sama. Sebagai contoh kemarin pada saat kita menemukan CVR kan justru kita menggunakan alutsista yang dimililki TNI AL. Jadi saya pikir cara koordinatif ini harus kami tingkatkan," tandas Budi.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...