Basarnas Jabar Evakuasi 15 Keluarga Korban Banjir Sungai Citarum

Basarnas Jabar Evakuasi 15 Keluarga Korban Banjir Sungai Citarum
Kepala Basarnas Jawa Barat saat memimpin apel gelar pasukan di Parakanmuncang, Kabupaten Sumedang, Rabu (18/12). Foto: ANTARA/HO Basarnas

jpnn.com, SUMEDANG - Basarnas Jawa Barat (Jabar) mengevakuasi 15 kepala keluarga (kk) yang rumahnya dilanda banjir cukup parah akibat luapan Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Hasil laporan dari tim kami, ada 15 KK yang dievakuasi," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jawa Barat Deden Ridwansah usai gelar pasukan di Parakanmuncang, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (18/12).

Banjir tersebut melanda permukiman penduduk Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang dan beberapa daerah lainnya sejak Selasa (17/12) malam.

Ia menyampaikan, 15 kk itu tinggal di kawasan yang dilanda banjir, kemudian memilih untuk mengungsi dengan warga lainnya yang lebih dulu menempati lokasi pengungsian.

"Warga semuanya mengungsi menyelamatkan diri di posko pengungsian," katanya.

Saat ini kondisi banjir di Bandung sudah surut, warga juga sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing. Namun, khusus tim dari Basarnas, kata dia, tetap disiagakan di lokasi banjir untuk mengantisipasi banjir susulan karena cuaca saat ini berpotensi hujan.

"Anggota kami tetap disiagakan di sana, karena melihat cuaca mendung seperti ini bisa saja kembali terjadi banjir," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bahaya di musim hujan seperti banjir maupun tanah longsor.

Basarnas Jabar mengevakuasi 15 KK yang rumahnya dilanda banjir akibat luapan Sungai Citarum di Kabupaten Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News