Basarnas: Operasi Pencarian Suparno Masih Berlanjut Hari Ini

Basarnas: Operasi Pencarian Suparno Masih Berlanjut Hari Ini
Tim SAR gabungan saat melakukan penyisiran menggunakan perahu karet guna mencari korban tenggelam di Sungai Cikawung, Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Senin (23/3). Foto: ANTARA/HO-KPP Cilacap

jpnn.com, CILACAP - Korban tenggelam di Sungai Cikawung, Desa Bantarpanjang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, masih dalam pencarian.

“Hingga Senin (23/3) sore kemarin, korban atas nama Suparno (76), warga Desa Bantarpanjang RT 04 RW 08, Kecamatan Cimanggu, Cilacap, belum ditemukan sehingga operasi SAR (pencarian dan pertolongan, red,) dihentikan sementara dan dilanjutkan pagi ini," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya di Cilacap, Selasa (24/3).

Dia mengatakan dalam operasi pencarian dan pertolongan pada hari ketiga, Selasa (24/3), tim SAR gabungan dibagi menjadi dua search and resue unit (SRU).

Menurut dia, SRU 1 melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu landing craft rubber (LCR), sedangkan SRU 2 melakukan penyisiran melalui jalur darat.

"SRU 1 maupun SRU 2 melakukan penyisiran dari lokasi kejadian ke arah hilir sampai di jembatan Kali Bantar, Kecamatan Wanareja, Cilacap, dengan jarak lebih kurang 28 kilometer," katanya.

Lebih lanjut, Nyoman mengakui operasi pencarian dan pertolongan korban tenggelam di Sungai Cikawung terkendala oleh arus yang deras dan visibilitas nol serta banyaknya ranting dan bronjong kawat.

Kendati demikian, dia mengatakan tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi tersebut tetap berupaya mencari dan menolong korban.

"Operasi SAR ini melibatkan personel Basarnas KPP Cilacap, Polsek Cimanggu, Koramil Cimanggu, BPBD Cilacap, SAR MTA, MDMC, Linmas, serta dibantu keluarga korban dan masyarakat setempat," katanya.

Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan korban tenggelam di Sungai Cikawung, Desa Bantarpanjang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, masih dalam pencarian.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News