Basis ISIS Tinggal Dua, Bakal Dibombardir Habis

Basis ISIS Tinggal Dua, Bakal Dibombardir Habis
ISIS. Foto: AFP

jpnn.com, IRAK - Upaya bersih-bersih kelompok militan Islam atau ISIS terus dilakukan militer Irak. Setelah sukses meraih kembali Mosul dari tangan ISIS, kini mereka mengincar Hawija.

Mulai Kamis (21/9), militer Irak meningkatkan serangan di kota yang berbatasan dengan Kirkuk dan Mosul tersebut. Saat ini ISIS hanya menguasai dua kota di Irak. Yakni, Hawija dan Deir Al-Zour.

Sejak Selasa, militer berada di lokasi. Namun, baru dua hari kemudian, mereka melancarkan serangan. Komandan operasi gabungan Iraq menyatakan, dalam serangan pertama tersebut, mereka berhasil mengambil alih 11 desa di Kota Hawija.

”Kami sukses melancarkan serangan pertama,” kata Letjen Abdul Ameer Yarallah, komandan pasukan.

Dia tidak menjelaskan 11 desa itu termasuk berapa persen dari total wilayah Hawija. Hanya, mereka akan melancarkan serangan kedua secepatnya.

PBB meminta pemerintah Iraq untuk tetap memperhatikan keamanan warga Hawija. Diperkirakan, ada 85 ribu warga yang terpaksa mengungsi akibat pertempuran tersebut. Juga ada 30 ribu anak-anak yang terancam jiwanya.

”Mereka sudah menderita akibat ISIS. Tidak ada makanan dan obat. Mereka semua kurang gizi,” begitu peringatan yang diberikan Save The Children, salah satu lembaga yang berinduk pada PBB. (BBC/Reuters/c6/any)


Militer Irak semakin gencar menyerang kantong-kantong ISIS yang tersisa


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News