Basrief Arif dan Bagir Manan Punya Saran yang Sama untuk KPK

Basrief Arif dan Bagir Manan Punya Saran yang Sama untuk KPK
Aksi teatrikal di depan gedung KPK. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - KPK disarankan untuk lebih meningkatkan fungsi pencegahan dibanding penindakan. Usul tersebut datang dari para tokoh yang diundang pimpinan komisi antirasuah untuk berdiskusi membahas rancangan rencana stragtegis (renstra) KPK 2015-2019.

Salah satu tokoh itu adalah mantan Jaksa Agung Basrief Arif. Menurutnya, fokus pada penindakan selama ini sudah terbukti tidak berdampak banyak pada jumlah kasus korupsi.

"Jangan hanya represif saja, pencegahan akan lebih penting. Karena kita melihat bahwa beberapa tahun terakhir ini KPK, Kejaksaan, kepolisian terus represif, tapi kan terus saja (korupsi), seolah-seolah outcomenya apa? Jadi coba berpikir kembali," kata Basrief usai diskusi di gedung KPK, Senin (5/10).

Meski begitu, lanjutnya, bukan berarti fungsi penindakan dihilangkan sama sekali. Menurutnya, KPK tetap harus  melakukan penindakan terutama terhadap kasus-kasus yang berskala besar.

"Saya sarankan KPK untuk fokus ke grand corruption, pencegahan ini dilakukan tapi bukan berarti represif tidak dilakukan, jadi itu simultan. Jadi antara preventif dan represif supaya dilakukan," ujarnya.

Hal senada disampaikan bekas ketua Mahkamah Agung Bagir Manan. Menurut guru besar hukum Universitas Pajajaran itu, kemampuan penegak hukum dalam melakukan penindakan akan sulit mengejar tingkat korupsi itu sendiri.

Dia menganalogikan tingkat korupsi seperti deret ukur yang pertumbuhannya bisa berlipat-lipat setiap periode. Sementara, pertumbuhan kemampuan penegak hukum cenderung konstan.

"Kecepatan korupsi itu seperti deret ukur, tetapi kemampuan memberantas seperti deret hitung," jelasnya.

JAKARTA - KPK disarankan untuk lebih meningkatkan fungsi pencegahan dibanding penindakan. Usul tersebut datang dari para tokoh yang diundang pimpinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News