Basrief Janji Maksimalkan Pengawasan

Basrief Janji Maksimalkan Pengawasan
Basrief Janji Maksimalkan Pengawasan
JAKARTA - Jaksa Agung Basrief Arief akan mengoptimalkan fungsi pengawasan untuk membersihkan kejaksaan dari jaksa-jaksa nakal. Pembersihan tersebut baik dalam bentuk pembenahan pada sumber daya manusia, maupun kualitas penanganan perkara. "Dua-duanya harus simultan," ucap Basrief, dalam jumpa pers pertamanya selepas menerima jabatan dari Plt Jaksa Agung Darmono, di Sasana Pradana, Kejagung, Senin (29/11).

Menurut Basrief, sudah tak ada waktu lagi bagi kejaksaan untuk melakukan pembenahan, selain sekarang. Pembenahan itu termasuk perbaikan metode pelaporan di pusat dan daerah. Namun, mantan Wakil Jaksa Agung ini tak langsung menyetujui, apakah pembenahan itu bisa langsung dilakukan lewat penerbitan Peraturan Jaksa Agung (Perja).

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM Was) Marwan Effendy, Jumat pekan lalu, mengatakan bahwa sejak kepemimpinan Jaksa Agung Hendarman Supandji, telah ada Perja yang memberikan kewenangan pada pengawasan untuk menyelidiki dan menyidik para jaksa nakal yang terlibat pidana hingga korupsi. Jika terbukti, kejaksaan sendiri yang akan menyidangkan para jaksa bermasalah itu di pengadilan umum.

"Itu juga bisa (penguatan bidang pengawasan). Tapi sesuai aturan, jaksa itu sebenarnya penyidik dan penuntut juga," sambung Basrief.

JAKARTA - Jaksa Agung Basrief Arief akan mengoptimalkan fungsi pengawasan untuk membersihkan kejaksaan dari jaksa-jaksa nakal. Pembersihan tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News