BATAM: Butuh 359 Guru Agama

BATAM: Butuh 359 Guru Agama
BATAM: Butuh 359 Guru Agama
BATAM -- Kota Batam masih memerlukan 359 tenaga guru untuk mata pelajaran agama Islam. Dari total kebutuhan sekitar 1000 guru agama Islam, saat ini baru ada 641 guru. Kekurangan guru agama Islam itu untuk semua jenjang, yakni tingkat taman kanak-kanak (TK), SD hingga SMA. Sudah tentu hal ini membuat Kantor Wilayah Kementrian Agama setempat panik. Pasalnya, tahun ajaran 2010/2011 akan segera dimulai 12 Juli mendatang.

Kepala Seksi Madrasah dan Pendidikan Agama Islam Kemenag Batam, Sarbini, menjelaskan, pihaknya sudah berupaya mengatasi masalah ini, dengan mengajukan tambahan kekurangan guru itu ke pusat. "Kita sangat jelas kekurangan. Sudah terus mengajukan, tapi selalu kuota dalam formasi penerimaan yang hanya 10 persen tidak pernah terpenuhi, menjadi alasan setiap tahunnya. Kita bisa berbuat apa," keluh Sarbini saat ditemui Batam Pos (grup JPNN), kemarin.

Dikatakan, sebenarnya kebutuhan guru agama Islam lebih banyak lagi. Mengingat, sesui ketentuan, apabila sekolah yang mempunyai lebih dari 20 rombongan belajar per minggu, itu wajib butuh dua guru. Kondisi ini diperparah dengan adanya puluhan guru agama Islam yang memasuki masa pensiun pada 2012-2014 mendatang. Guna mengatasinya, Kemenag Batam minta kepada masing-masing sekolah membuat kebijakan rekrutmen guru agama dengan honor dari komite.

Dijelaskan, dari 641 guru agama Islam yang ada di Batam, hanya 241 orang yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), selebihnya masih honor dan dibantu komite. "Kita sangat jelas kekurangan.

BATAM -- Kota Batam masih memerlukan 359 tenaga guru untuk mata pelajaran agama Islam. Dari total kebutuhan sekitar 1000 guru agama Islam, saat ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News