Batam Gelar Jazz Festival 2009

Batam Gelar Jazz Festival 2009
Batam Gelar Jazz Festival 2009
JAKARTA- Ajang pesta musik jazz yang mempertemukan para musisi jazz tanah air dan musisi negara Asia lainnya  kembali digelar 7-8 Agustus mendatang.

Acara yang dikemas dengan tema Asean Jazz Festival 2009 ini, dipusatkan di pantai Coastarina, Batam yang disebut-sebut sebagai pintu gerbang pariwisata Indonesia ke-3 setelah Jakarta dan Bali.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata  Sapta Nirwandar mengatakan, ajang jazz festival tahun ke-2 ini merupakan salah satu upaya Depbudpar dalam memaksimalkan program Visit Indonesia Years 2009. Selain itu, musik jazz tentu dikenal sebagai aliran musik yang sangat dinamis dan penuh improvisasi, dalam setiap pegelarannya terjalin interaktif antara para musisinya dengan penonton.

Para musisi jazz Indonesia juga begitu digemari oleh pecinta musik jazz dan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina dan Brunei Darussalam. Lebih lanjut dijelaskan Sapta, melalui Jazz Festival 2009 kepeloporan Indonesia sebagai negara paling besar di kawasan ASEAN dapat dipertahankan. Lebih jauh, kepeloporan Indonesia dalam musik jazz dapat diakui oleh dunia internasional. "Selain itu, melalui ASEAN Jazz Festival Indonesia dapat mempererat hubungan antar negara ASEAN khususnya melalui jalur komunikasi antar musisi muda jazz ASEAN," ungkap Sapta Nirwanda dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Kamis (9/7/2009).

Adapun musisi jazz tanah air yang bakal meramaikan ASEAN Jazz Festival 2009 yakni: Ran, Notturno, Tohpati, Sketsa, Devian, Baim Trio, Imel Rosadi dan Arina Mocca, serta Alien Loves Earth (Baron Soumates-Krisna Ada Band, Budi Iket dan Rindra Padi). Sedangkan musisi ASEAN antara lain Lewis Pragasan Trio (Malaysia), Aya Yuson (Philipina), Tze (Singapura) dan The Intersect-3+1 (Thailand). Para Musisi dunia juga tampil sebagai bintang tamu seperti John Pizzareli (AS), Nils Petter Molrvaer (Norwegia), Tetsuo Sakurai dan Kenji Hino (Jepang) serta Jeff Berlin (AS).Untuk diketahui, ASEAN Jazz Festival yang pertama juga digelar di pantai Coastarina diikuti musisi jazz dunia Bob James Quartet (Bob James, Tetsuo Sakurai, Jack dan Lewis Pragasan.

JAKARTA- Ajang pesta musik jazz yang mempertemukan para musisi jazz tanah air dan musisi negara Asia lainnya  kembali digelar 7-8 Agustus mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News