Baterai Tesla Mengubah Tatanan Energi Australia

Baterai Tesla Mengubah Tatanan Energi Australia
Baterai Tesla Mengubah Tatanan Energi Australia

Baterai lithium-ion terbesar di dunia - dibangun oleh perusahaan milyader teknologi Elon Musk, Tesla tahun lalu - telah bertahan melewati musim panas pertamanya di pertengahan utara Australia Selatan.

Menurut laporan baru oleh Australian Energy Market Operator (AEMO), itu mengungguli generator batubara dan gas pada beberapa hitungan utama.

Berikut adalah cara kerjanya dan potensi dampaknya terhadap masa depan energi di Australia.

Hentikan pemadaman listrik

Pada September 2016, Australia Selatan terperosok ke dalam kegelapan ketika badai merobek jalur transmisi listrik.

Kesalahan dalam sistem transmisi mendorong beberapa pembangkit listrik tenaga angin tiba-tiba mati.

Dengan hilangnya energi yang tiba-tiba itu, Australia Selatan mendadak menarik lebih banyak tenaga yang melintasi interkonektor ke Victoria yang kelebihan muatan, dan dimatikan.

Baterai Tesla Mengubah Tatanan Energi Australia Photo: Menara transmisi yang tumbang karena angin kencang mengakibatkan kekurangan pasokan energi di negara bagian, di dekat Melrose, Australia Selatan, 29 September, 2016. (ABC News: Tom Fedorowytsch)

Baterai dengan keluaran 100 Megawatt dari Tesla mungkin tampak kecil dibandingkan dengan permintaan puncak energi Australia Selatan yang sekitar 3000 MW, tetapi kemampuannya untuk menyuntikkan listrik dalam sekejap merupakan faktor besar dalam keberhasilannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News