Batu Permata Giok Masih Jadi Incaran

Batu Permata Giok Masih Jadi Incaran
Batu Permata Giok Masih Jadi Incaran
GIOK atau jade, jenis permata hijau yang bagian dalamnya diyakini terdapat unsur mineral yang dipercaya bangsa timur sejak ribuan tahun memiliki tuah. Meski zaman sudah berganti, masih banyak masyarakat menggunakan giok tidak hanya sebagai perhiasan. Pasalnya, benda itu juga dipercaya memiliki magic serta khasiat tertentu bagi penggunanya terutama kalangan Tionghoa.

    

Karenanya, giok hingga saat ini laris manis. Terlebih, benda ini ternyata juga seringkali dipakai pada alat-alat terapi kesehatan oleh masyarakat Tiongkok. Lantaran benda itu diyakini memiliki pengaruh kekuatan alam.’’Sebagai perhiasan, efek giok cukup bagus. Tinggal dikenakan, nanti efeknya akan terasa sendiri,’’ ujar Tom, seorang penjual batu akik dan giok di Mangga Dua.

    

Jika digunakan sebagai terapi kesehatan penggunanya, hawa yang tersimpan di dalam batu ini dipercaya pemakainya bisa mengatur suhu badan. Selain itu, giok dipercaya masyarakat Tionghoa lantaran memiliki kekuatan penyeimbang antara Yin dan Yan. ’’Mengenai kekuatan giok tergantung yang percaya. Tapi banyak juga yang tidak percaya,’’ ujarnya lagi kepada INDOPOS  kemarin.

    

Lantaran diyakini menyimpan ”kekuatan”, membuat giok tidak hanya diminati orang-orang berusia lanjut saja. Kini, kalangan muda-mudi juga turut mendongkrak penjualan batu giok. Biasanya, giok digunakan untuk mempercantik penampilan. ’’Harga giok mulai ratusan ribu. Seperti bentuk gelang. Yang lebih mahal juga ada. Yang masih berbentuk batu asli juga ada. Tinggal pilih saja,’’ ujarnya juga.

    

GIOK atau jade, jenis permata hijau yang bagian dalamnya diyakini terdapat unsur mineral yang dipercaya bangsa timur sejak ribuan tahun memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News