Batubara Tersendat, PLTU Cilacap Padam

Kembali Defisit 700 MW

Batubara Tersendat, PLTU Cilacap Padam
Batubara Tersendat, PLTU Cilacap Padam
JAKARTA – Krisis listrik tak henti-hentinya melanda wilayah Jawa-Madura-Bali. Kali ini, penyebabnya adalah tersendatnya pasokan batubara ke PLTU Cilacap. Akibatnya, sistem listrik Jawa-Madura-Bali (Jamali) kembali deficit 600 – 700 MW.

      Demikian diungkapkan Direktur Jawa, Madura, dan Bali PT PLN Murtaqi Syamsuddin. Dia mengatakan, pasokan batubara di PLTU Swasta Cilacap milik PT Sumber Segara Prima (S2P) tersendat karena S2P punya masalah hutang dengan pemasoknya, PT Adaro. ’’Akibatnya, pembangkit swasta itu hanya bisa pasok 100 MW dari yg seharusnya 600 MW,’’ ujarnya di Jakarta.

    Menurut Murtaqi, meskipun PLTU Cilacap dikelola oleh pihak swasta, PT PLN tetap sangat berkepentingan dengan beroperasinya PLTU Cilacap. ’’Sebab, PLTU Cilacap ini termasuk salah satu pembangkit utama sistem Jamali,’’ katanya.

    Terkait hal tersebut, maka kini PLN berinisiatif untuk mengupayakan langkah-langkah penyelesaian tunggakan hutang PT S2P kepada PT Adaro. ’’Kami coba mencari solusi atas dispute ini,’’ terangnya.

    Wakil Direktur Utama PT PLN Rudiantara menambahkan, saat ini PLN memang sedang menyiapkan opsi untuk membayar tagihan listriknya ke PT S2P, langsung ke pemasok batubara pembangkit berkapasitas 2 x 300 MW tersebut, yakni PT Adaro. ’’Ini demi PLTU Cilacap tetap menyala,’’ ujarnya.

    Menurut Rudiantara, opsi membayar langsung ke Adaro menjadi salah satu cara agar pasokan batubara ke PLTU Cilacap tetap lancar. Dia mengatakan, sebenarnya masalah kekurangan pasokan batubara di Cilacap, bukan urusan PLN. Sebab PLN hanya membeli listrik dari perusahaan pembangkit listrik swasta (IPP) dari PT S2P.

    PLN, kata dia, baru mendapat informasi bahwa ternyata PT S2P mempunyai tunggakan kepada pemasok batubara (Adaro). Sehingga, pemasok batubara tidak mau memasok sebelum tunggakannya dibayar.

      Hanya saja, lanjut dia, karena PLN di mata masyarakat adalah penyedia listrik. Maka meskipun terhambatnya pasokan disebabkan oleh pihak swasta, tetap saja PLN  yang dituding sebagai penyebabnya. ’’Kami tidak mau kredibilitas makin terganggu. Karena itu, kami ajukan opsi kepada pihak-pihak terkait,’’ jelasnya.

JAKARTA – Krisis listrik tak henti-hentinya melanda wilayah Jawa-Madura-Bali. Kali ini, penyebabnya adalah tersendatnya pasokan batubara ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News