Bawa Agenda Penting, PM Baru Australia Mau Temui Jokowi

Bawa Agenda Penting, PM Baru Australia Mau Temui Jokowi
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese , 23 Mei 2022. ANTARA/AAPIMAGE via Reuters//Lukas Coch/pri

jpnn.com, CANBERRA - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese sedang berada di Indonesia. Agendanya ialah menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna membahas sejumlah isu penting.

Albanese terbang ke Jakarta pada Minggu (5/6). Perdana menteri ke-31 Australia itu juga membawa para pembantunya di kabinet, antara lain, Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Don Farrel, serta Menteri Perindustrian dan Inovasi Ed Husic.

Dalam rombongan Albanese juga terdapat Presiden Universitas Monash Margaret Gardner dan sejumlah perwakilan pelaku usaha dari Commonwealth Bank, Bluescope, serta Telstra.

Presiden Jokowi dan Albanese akan mendiskusikan hubungan bilateral di bidang perdagangan dan investasi. Fokus pembicaraan itu pada kesepakatan perdagangan bebas kedua negara yang berlaku sejak Juli 2020, serta kerja sama bidang energi dan perubahan iklim.

Namun, Albanese juga membawa isu lain, yakni ketegangan geopolitik di kawasan Asia Pasifik seiring kebangkitan Tiongkok yang ekspansif. Belum lama ini terjadi insiden antara pesawat Angkatan Udara Australia (RAAF) dengan jet tempur Tiongkok.

Oleh karena itu, Albanese tidak hanya akan menemui Presiden Jokowi. Albo -panggilan kondangnya- juga akan melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi di Jakarta.

Politikus Partai Buruh itu juga akan berkunjung ke Makassar di Sulawesi Selatan. Menurut dia, Indonesia bukan hanya Jakarta dan Bali.

"Indonesia adalah kepulauan yang luas, negara penting di sebelah utara Australia, dan negeri muslim terbesar di dunia," katanya sebelum terbang ke Jakarta.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese sedang berada di Indonesia. Agendanya ialah menemui Presiden Jokowi guna membahas sejumlah isu penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News