TNI AL Perkuat Kerja Sama dengan Militer Australia

TNI AL Perkuat Kerja Sama dengan Militer Australia
TNI Angkatan Laut mengerahkan kapal perang Republik Indonesia (KRI) Frans Kaisiepo-368 ikut berpartisipasi dalam Exercise Albatros Australia-Indonesia (Ausindo) di Selat Makassar pada 29 dan 30 Mei 2022. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI Angkatan Laut mengerahkan kapal perang Republik Indonesia (KRI) Frans Kaisiepo-368 ikut berpartisipasi dalam Exercise Albatros Australia-Indonesia (Ausindo) di Selat Makassar pada 29 dan 30 Mei 2022.

Pengerahan kapal perang TNI AL itu demi memperkuat hubungan kerja sama dan interoperabilitas dengan militer Australia.

Latihan Exercise Albatros Australia-Indonesia (Ausindo) ini melibatkan Pesawat B-737 milik TNI AU, HMAS Parramatta (on board Helly MH-60R) Royal Australian Navy, dan Pesawat P-8A Poseidon Royal Australian Air Force.

Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh mengatakan latihan ini bertujuan untuk untuk memperkuat kerja sama dan interoperabilitas antara TNI dan Australian Defence Force.

Kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan maritim di kawasan sekaligus membangun sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi sesuai program prioritas KSAL Laksamana Yudo Margono.

Laksamana Yudo selalu menekankan dalam pembangunan hubungan diplomasi Angkatan Laut, seluruh personel harus menguasai dan mematuhi Undang-Undang Nasional maupun Internasional.

Latihan yang dilaksanakan mencakup Joint Maritime Patrol Surface Picture Activity, Officer of Watch Maneuvers, Mailbag Transfer, dan Photo Exercise.

Peserta latihan berkolaborasi melaksanakan Intelligence, Surveillance and Reconnaissance (ISR) termasuk memverifikasi Automatic Identification System (AIS) kapal-kapal yang melintas guna membangun Recognised Maritime Picture (RMP) yang dibutuhkan dalam memberikan jaminan keamanan bagi pengguna laut. 

TNI AL mengerahkan KRI Frans Kaisiepo-368 ikut berpartisipasi dalam Exercise Albatros Australia-Indonesia (Ausindo) di Selat Makassar pada 29 dan 30 Mei 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News