Bawa Benih Lobster, Penumpang Lion Air Gagal Terbang

Bawa Benih Lobster, Penumpang Lion Air Gagal Terbang
Pesawat Lion Air. Ilustrasi Foto: SIRTU/LOMBOK POST/JPNN.com

jpnn.com, CENGKARENG - Penerbangan Lion Air rute Cengkareng-Singapura, Minggu (10/6) lalu sempat mengalami penundaan.

Hal ini lantaran penumpang wanita berinisial JN (37) harus diperiksa oleh petugas keamanan bandar udara Soekarno-Hatta dan airlines security Lion Air.

Pasalnya koper barang bawaan kabin JN telah ditemukan benih lobster dalam cairan yang dibungkus plastik. Temuan tersebut terjadi pada saat JN melewati jalur pemeriksaan keamanan dua terminal keberangkatan.

"Atas kejadian tersebut, seluruh barang bawaan dan bagasi penumpang diturunkan untuk dilakukan pemeriksaan ulang," jelas Corporate Communications Lion Air Danang Mandala Prihantoro.

Dengan kerja sama yang baik dengan petugas layanan darat (ground handling), avsec Soekarno-Hatta Airport dan avsec Lion Air, sambung Danang, pengecekan bagasi dilakukan secara teliti dan benar, sehingga tidak ditemukan barang bawaan serupa.

Akhirnya, JN terpaksa harus mempertanggungjawabkan apa yang dia bawa dan menjelaskan kepada pihak Bea Cukai.

"Lion Air tidak menerbangkan (offload) JN dan penanganan dilakukan dengan tepat sesuai prosedur, yang selanjutnya diserahkan kepada Bea Cukai serta pihak terkait untuk penyelidikan lebih lanjut," tuturnya.

Lion Air mengimbau kepada seluruh pelanggan dan masyarakat untuk mengetahui ada barang-barang yang tidak boleh dibawa dalam bagasi jinjing dan/atau bagasi check-in berdasarkan prosedur layanan penerbangan.

Koper barang bawaan kabin JN telah ditemukan ada benih lobster dalam cairan yang dibungkus plastik. Alhasil, JN batal diberangkatkan ke Singapura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News