Bawa Bukti 80 Halaman, Amanat KSB Laporkan Amman Mineral ke PBB

Bawa Bukti 80 Halaman, Amanat KSB Laporkan Amman Mineral ke PBB
Aktivis dari Aliansi Masyarakat Anti-Mafia Tambang mendatangi kantor PBB Perwakilan Indonesia, Jakarta, Jumat (23/12). Mereka menyerahkan data pelanggaran HAM PT. Amman Mineral Nusa Tenggara kepada perwakilan PBB serta ke sejumlah kedutaan, konsulat, bank internasional, lembaga HAM, dan lembaga negara. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kampanye dan advokasi atas kasus pertambangan emas di Sumbawa Barat terkait keberadaan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) terus dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Anti Mafia Tambang Kabupaten Sumbawa Barat (Amanat KSB), Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kali ini, para perwakilan Amanat KSB yang langsung dipimpin Muh. Erry Satriawan, selaku Ketua menyambangi Kantor PBB perwakilan Indonesia di Jakarta, Jumat (23/12).

Kedatangan Ketua Amanat KSB ini untuk menyampaikan surat dan laporan kejahatan korporasi dan serangkaian pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh PT AMNT.

“Kami menyampaikan surat pada Ibu Valeria Juliand sebagai Kepala Perwakilan PBB di Indonesia agar kiranya dapat memberikan dukungan serta mengambil tindakan penting dan perlu atas nama PBB, terkait persoalan hak asasi manusia seperti ha katas tenaga kerja, masa depan rakyat, dan lingkungan di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat yang selama ini menderita akibat keberadaan korporasi tambang emas terbesar kedua di Indonesia,” ujar Erry.

Dalam surat dan lampiran setebal 80 (delapan) halaman itu, Erry menguraikan sejumlah persoalan serius terkait abainya perusahaan atas hak-hak masyarakat lokal.

Baik itu menyangkut kecelakaan kerja hingga mengakibatkan kematian jiwa dan cacat setiap tahunnya, pencemaran lingkungan, maupun transparansi program pemberdayaan masyarakat lokal yang merupakan kewajiban setiap korporasi.

“Sudah 4 (empat) bulan lebih kami berjuang untuk melawan kesewenang-wenangan korporasi tambang ini, baik dari tingkat lokal Sumbawa Barat, propinsi, hingga ke tingkat nasional, hingga hari ini kami melihat belum ada tindakan serius dari PT AMMAN Mineral untuk mempertanggungjawabkan tindakannya. Penindasan dan ketidakadilan terus terjadi pada rakyat dan lingkungan. Oleh karena itu kami naikkan kampanyenya ke fora internasional,” tegasnya.

Erry berharap, PBB melalui jaringan dan otoritas yang dimilikinya dapat mendukung perjuangan rakyat KSB untuk mendapatkan manfaat yang seoptimal mungkin atas keberadaan kekayaan tambang emas dan tembaga di tanah leluhurnya.

Selain ke kantor PBB perwakilan Indonesia, surat dan laporan terkait PT Amman Mineral juga disampaikan kepada 300 lembaga lain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News