Bawa Tiga Awak, Soyuz Mengangkasa Lagi

Bawa Tiga Awak, Soyuz Mengangkasa Lagi
Bawa Tiga Awak, Soyuz Mengangkasa Lagi
BAIKONUR - Soyuz TMA-M yang ditumpangi dua kosmonot Rusia dan seorang astronot Amerika Serikat (AS) melesat ke angkasa kemarin (8/10). Tujuan mereka adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISI).

Kemarin, roket yang mengangkut kosmonot Alexander Kaleri dan Oleg Skripochka serta astronot Scott Kelly itu meninggalkan bumi sekitar pukul 03.11 dini hari waktu Rusia (sekitar pukul 06.11 WIB). Cuaca cukup mendukung dan Soyuz pun bisa dengan mulus melesat ke orbit. Roket tersebut dijadwalkan tiba di ISS Minggu mendatang (10/10), sekitar pukul 04.02 dini hari waktu Moskow atau 07.02 WIB.

Teknologi Soyuz TMA-M diadopsi dari pesawat ulang-alik Rusia yang biasa digunakan untuk membawa manusia ke luar angkasa. Untuk kali pertama, roket tersebut dilengkapi dengan sistem pengukuran digital. "Baru kali ini, versi modern Soyuz diluncurkan ke luar angkasa," kata Anatoly Perminov, pimpinan Badan Luar Angkasa Federal Rusia (Roskosmos), seperti dikutip Agence France-Presse.

Bagi Kaleri, perjalanan luar angkasa kali ini, bukan yang pertama. Kosmonot 54 tahun kali pertama menjelajah antariksa pada Maret 1992 lalu. Ketika itu, dia mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Rusia Mir yang sekarang tidak berfungsi. Sejauh ini, Kaleri sudah melakukan empat misi luar angkasa. Berbeda dengan Skripochka yang baru kali ini ke luar angkasa. Sedangkan, bagi Kelly, misi ini adalah yang kedua.

BAIKONUR - Soyuz TMA-M yang ditumpangi dua kosmonot Rusia dan seorang astronot Amerika Serikat (AS) melesat ke angkasa kemarin (8/10). Tujuan mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News