Bawaslu Akui Pelanggaran Sulit Dirumuskan Saat Kampanye

Bawaslu Akui Pelanggaran Sulit Dirumuskan Saat Kampanye
Bawaslu Akui Pelanggaran Sulit Dirumuskan Saat Kampanye

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nelson Simanjuntak mengakui, dari keseluruhan perbuatan yang dianggap melanggar dalam pemilu, tahapan dalam kampanye merupakan hal yang paling susah dirumuskan sebagai pelanggaran.

Itu terjadi karena terlalu bias. Sebab, dalam undang-undang diatur, sebuah kegiatan dinyatakan pelanggaran kampanye jika dilakukan dalam masa kampanye.

Sementara sebuah kegiatan baru dinyatakan kampanye, kalau di dalamnya terdapat penyampaian visi misi dan program dari para calon presiden.

"Jadi tanpa ada itu, tidak bisa dirumuskan sebagai pelanggaran dan kemudian akan diajukan ke lembaga terkait sebagai sesuatu yang memenuhi unsur-unsur, terutama terkait masalah dugaan pelanggaran pidana dalam bentuk kampanye," ujarnya di Jakarta, Sabtu (28/6).

Nelson kemudian mencontohkan terkait pelaporan seseorang dituding melakukan penghinaan, karena menyampaikan sesuatu pada saat masa kampanye.

Menurutnya hal tersebut tidak dapat disebut pelanggaran kampanye jika hal yang disangkakan tidak disampaikan dalam bentuk kampanye dalam arti formil.

"Terkait penghinaan dalam kampanye juga harus memenuhi unsur pelaksana kampanye, dan peserta kampanye di dalam kampanye," katanya. (gir/jpnn)
 


JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nelson Simanjuntak mengakui, dari keseluruhan perbuatan yang dianggap melanggar dalam pemilu, tahapan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News