Bawaslu Sayangkan Aksi Anarkisme di Kaltara

Bawaslu Sayangkan Aksi Anarkisme di Kaltara
Badan Pengawas Pemilu/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA- ‎ Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyayangkan aksi anarkisme yang terjadi di Kalimantan Utara pada rapat pleno penghitungan hasil perolehan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sabtu (19/12) kemarin.

Pasalnya, kata Ketua Bawaslu Muhammad, pengawas memberi kesempatan pada masing-masing pasangan calon melaporkan dugaan-dugaan kecurangan‎ selama proses tahapan pilkada. Termasuk pada pemungutan suara Rabu (9/12) lalu. Namun hal tersebut tidak dimanfaatkan oleh pihak yang merasa dirugikan.

"Melaporkan dugaan kecurangan itu lebih efektif. Karena badan pengawas berkewajiban menindaklanjut, mencari fakta. Namun mereka hanya membuat situasi gaduh di depan kantor," ujar Muhammad, Selasa (22/12).

Meski menyayangkan aksi anarkisme dan tidak ada laporan resmi atas dugaan kecurangan, Bawaslu tetap melakukan investigasi. 

"‎Kami a‎rahkan bawas di sana agar melakukan investigasi, apa yang menjadi keberatan, yang dilakukan oleh oknum KPU (seperti tudingan pengunjukrasa,red). Tp persisnya apa gugatan itu, itulah yang kami minta untuk ditelursuri Bawas Kaltara," kata Muhammad.(gir/jpnn)

JAKARTA- ‎ Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyayangkan aksi anarkisme yang terjadi di Kalimantan Utara pada rapat pleno penghitungan hasil perolehan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News