Bawaslu Siap Melatih Saksi Parpol di TPS

Bawaslu Siap Melatih Saksi Parpol di TPS
Warga menggunakan hak pilihnya. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan meyakini, beban tambahan melatih saksi dari partai politik yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) tidak akan mengganggu tugas pengawasan lembaga yang dipimpinnya.

"Saya kira tidak mengganggu, sepanjang masalah teknis wilayah mereka (parpol,red). Yang penting kami hadir untuk memberikan materi," ujar Abhan di Jakarta.

Bahkan jika nantinya diberi anggaran untuk membuat buku panduan bagi saksi parpol, kata Abhan, Bawaslu juga siap melakukannya.

"Bawaslu pada prinsipnya mendorog saksi parpol yang ada di TPS betul-betul memiliki kualifikasi, memahami tugas dan fungsinya," ucap Abhan.

Menurut Abhan, ketika saksi di TPS memahami aturan dengan baik, maka segala persoalan yang timbul dapat diselesaikan di tingkat bawah.

"Sebelumnya kami juga sering diundang oleh parpol untuk memberikan materi pengawasan bagaimana menjadi saksi di TPS. Jadi sekarang kalau memang mau diformalkan dalam undang-undang, kami siap," kata Abhan.

Sebelumnya, Pansus RUU Pemilu telah menyetujui sejumlah hal, di antaranya membebankan tanggung jawab pelatihan saksi dari partai politik di TPS kepada Bawaslu. (gir/jpnn)


Berita Selanjutnya:
PBNU Siap Kerahkan Banser

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan meyakini, beban tambahan melatih saksi dari partai politik yang akan bertugas di tempat pemungutan suara


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News