Bayern Muenchen Rekrut Jupp Heynckes jadi Pelatih

Bayern Muenchen Rekrut Jupp Heynckes jadi Pelatih
Jupp Heynckes. Foto: bayernmuenchen

jpnn.com, MUNICH - Bayern Muenchen resmi memiliki pelatih baru usai memecat Carlo Ancelotti. Die Roten, julukan Bayern merajut kembali kisah dengan Jupp Heynckes.

Heynckes akan menukangi Bayern sampai akhir musim 2017-2018. Sejak Ancelotti dipecat menyusul kekalahan telak 0-3 dari Paris Saint-Germain di Liga Champions, nama Heynckes memang langsung muncul ke permukaan.

Pria berusia 72 tahun itu paling difavoritkan untuk mengisi pos pelatih Bayern ketimbang kandidat lain seperti Thomas Tuchel, Julian Nagelsmann, hingga Luis Enrique.

Bukan tanpa sebab. Heynckes punya rekam jejak spesial bersama Bayern. Selama kariernya sebagai pelatih, dia pernah tiga periode menangani juara bertahan Bundesliga 1 itu. Periode pertama pada 1987-1991 saat berhasil mempersembahkan dua gelar juara Bundesliga 1 dan dua trofi DFL-Supercup.

Heynckes juga membawa Bayern mencapai babak semifinal Piala UEFA 1988-1989, serta Piala Champions 1989-1990 dan 1990-1991. Dalam tiga kesempatan itu, Bayern selalu kandas di tangan tim yang akhirnya menjadi juara. Heynckes menuntaskan tugas pada periode pertama itu dengan catatan 113 kemenangan, 46 seri, dan 39 kali kalah.

Setelah dilepas Bayern pada 1991, Heynckes sempat berpetualang di beberapa klub Eropa seperti Athletic Bilbao, Eintracht Frankfurt, Tenerife, Real Madrid, Benfica, Schalke 04, hingga Borussia Moenchengladbach. Sempat beristirahat dua tahun dari sepak bola, pada 2008-2009, Heynckes akhirnya menerima tawaran kembali ke Bayern sebagai pelatih kareteker.

Tugas Heynckes cukup berat dalam menggantikan posisi Juergen Klinsmann kala itu. Bayern terancam gagal lolos ke Liga Champions dengan menyisakan lima pertandingan. Namun, Heynckes mampu membawa Die Roten meraih 4 kemenangan dan sekali seri untuk finis di peringkat kedua, di bawah sang juara, VfL Wolfsburg.

Pada musim berikutnya, Heynckes justru menerima pinangan Bayer Leverkusen dengan kontrak dua tahun. Akan tetapi, cinta membawa pria kelahiran Moenchengladbach kembali ke Allianz Arena pada musim 2011-2012.

Jupp Heynckes direkrut Bayern Muenchen hingga akhir musim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News