Bazar Imlek Kota Tua jadi Destinasi Wisata Kuliner

Bazar Imlek Kota Tua jadi Destinasi Wisata Kuliner
Pengunjung memadati bazar Imlek di Kota Tua, Tanjungpinang, Kepri, Minggu (21/1/2024) malam. (ANTARA/Ogen)

jpnn.com - TANJUNGPINANG - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad membuka Bazar Imlek 2575/2024 di kawasan Kota Tua, Kota Tanjungpinang, Kepri. Ansar menilai bahwa kegiatan Bazar Imlek itu menjadi wisata kuliner di daerah setempat.

"Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah daerah merevitalisasi Kota Tua untuk menarik wisatawan dalam dan luar negeri," kata Gubernur Ansar di Tanjungpinang, Kepri, Senin (22/1).

Bazar Imlek menjadi salah satu agenda tahunan di Kota Tanjungpinang yang digelar di Jalan Merdeka dan Jalan Teuku Umar, dengan menawarkan berbagai macam produk, kuliner, dan hiburan bagi pengunjung. Kegiatan ini berlangsung sejak 12 Januari hingga 8 Februari 2024.

Dari tiga pintu masuk, yakni kedua ujung Jalan Merdeka dan Jalan Teuku Umar, pengunjung akan disambut dengan ratusan tenda stan usaha mikro kecil dan menengah bernuansa merah, serta ratusan lampion merah yang identik dengan perayaan Imlek.

Tahun ini ini Bazar Imlek diikuti 300 stan, meningkat dibanding tahun lalu sekitar 200 stan.

Sejak pertama dibuka, bazar tersebut selalu dipadati para pengunjung, mulai sore hingga malam hari.

Gubernur Ansar menyatakan Bazar Imlek merupakan salah satu sarana untuk membangun kebersamaan dan moderasi di tengah keberagaman etnis, adat, dan suku bangsa yang ada di Kepri.

"Pedagang yang berjualan tidak hanya warga Tionghoa, namun, dari berbagai etnis dan suku bangsa. Kita patut bangga, kendati Kepri daratannya hanya empat persen, tetapi seluruh etnis, adat, dan suku bangsa di sini belum pernah terlibat konflik horizontal," ujar Ansar.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan Bazar Imlek di Kota Tua, Tanjungpinang, bisa menjadi destinasi wisata kuliner.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News