BBM Dinaikkan, Sisa Anggaran jadi Pertanyaan

BBM Dinaikkan, Sisa Anggaran jadi Pertanyaan
BBM Dinaikkan, Sisa Anggaran jadi Pertanyaan
JAKARTA - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) mempertanyakan sisa anggaran lalu (SAL) dari APBN tahun 2012 senilai Rp 56,1 triliun yang dikelola pemerintah. Menurut Sekjen Fitra Yuna Farhan, seharusnya pemerintah tak perlu mengajukan APBN Perubahan 2013, jika SAL tersebut masih ada dan dikelola dengan baik.

Yuna mengatakan, SAL tersebut dapat menanggung pembengkakan subsidi bahan bakar minyak (BBM) Rp 16 triliun dan kompensasinya senilai Rp 30 triliun. "Sehingga pemerintah tidak perlu justifikasi menambah utang baru sebesar Rp 63,4 triliun. Pemerintah juga tidak perlu menambah anggaran pendidikan senilai Rp 7,5 triliun sebagai konsekuensi penambahan belanja, karena semua bisa dicover dari SAL," jelas Yuna di kantornya, Jakarta Selatan, Minggu, (2/6).

Selain itu, tuturnya, kenaikan harga BBM dan dampaknya yang harus ditanggung oleh rakyat justru tidak diikuti dengan pengorbanan pemerintah. Sebab, belanja kementerian dan lembaga hanya dipotong sebesar Rp 7,1 triliun, sedangkan  belanja pegawai hanya berkurang Rp 1,4 triliun.

"Padahal berkaca pada realisasi APBN 2012, pemerintah tidak mampu menyerap anggaran hingga Rp 56,1 triliun (SAL) dan 35 persen belanja pegawai digunakan hanya untuk membiayai pensiunan dan keluarganya," lanjutnya.

JAKARTA - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) mempertanyakan sisa anggaran lalu (SAL) dari APBN tahun 2012 senilai Rp 56,1 triliun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News