BBM Naik, Biaya Haji Terimbas

BBM Naik, Biaya Haji Terimbas
BBM Naik, Biaya Haji Terimbas
JAKARTA – Terus meroketnya harga minyak dunia mulai membuat Kementerian Agama (Kemenag) ketar-ketir. Pasalnya, kenaikan harga minyak itu bisa secara luas mendorong kenaikan biaya haji pada 2012. Dampaknya pun protes calon jamaah haji tak dapat dihindari.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menuturkan, kondisi politik dan ekonomi dunia yang belum stabil ini harus dipahami sekali, terutama pada situasi politik di Timur Tengah yang secara nyata mempengaruhi harga minyak dunia. ”Sekarang saja harga minyak itu terus meningkat. Pemerintah harus berupaya melakukan berbagai persiapan dan mencarikan solusinya,” ujarnya di sela kegiatannya di Jakarta.

Tentunya, lanjut Menag, kenaikan harga minyak dunia itu bakal menjadi indikator lain yang mendorong kenaikan biaya haji. Karena tak bisa dipungkiri kenaikan harga minyak dunia itu memukul pula sektor perhubungan udara.

Artinya, lanjut Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu kenaiakn harga minyak dunia membuat harga bahan bakar pesawat pun naik. Itu menandakan tarif penerbangan pun semakin mahal. Secara efektif pula mempengaruhi biaya keberangkatan haji.”Kalau pada 2011 lalu harga minyak dunia masih pada kisaran USD 80-100 per barrel. Kini harga itu sudah lebih tinggi lagi,” pungkas politisi berkacama ini.

JAKARTA – Terus meroketnya harga minyak dunia mulai membuat Kementerian Agama (Kemenag) ketar-ketir. Pasalnya, kenaikan harga minyak itu bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News