BBPLK Bandung Gandeng Sejumlah Perusahaan untuk Peningkatan Keahlian Instruktur

BBPLK Bandung Gandeng Sejumlah Perusahaan untuk Peningkatan Keahlian Instruktur
Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBLPK) Bandung kembali mengirim instruktur di bidang manufaktur ke PT. ATMI IGI CENTER Solo untuk meningkatkan kemampuan. Foto: Kemnaker

jpnn.com, SOLO - Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBLPK) Bandung kembali mengirim instruktur di bidang manufaktur ke PT. ATMI IGI CENTER Solo untuk meningkatkan kemampuan.

"Sejak tahun 2018, kami sudah menjalin kerja sama dengan ATMI yang bergerak di bidang manufaktur. Selain itu, BBPLK Bandung juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan otomotif seperti Mitsubishi, Isuzu, Nissan, Mazda, Yamaha, Daikin, dan OLX," kata PLT Kepala BBPLK Bandung, Aan Subhan, di Solo, pada Senin (14/6).

Aan berharap adanya training partnership (kemitraan pelatihan) tersebut akan membawa teknologi dari dunia industri bisa ke pelatihan di BBPLK Bandung.

Dia juga menginginkan agar berbagai pelatihan level dasar yang ada di dunia industri tersebut dapat diterapkan secara optimal di BBPLK Bandung.

"Kami sesuaikan fasilitas peralatan industri yang digunakan untuk praktik pelatihan kerja bidang manufaktur dan otomotif. Kemajuan teknologi dunia industri itu harus diterapkan dalam praktik siswa-siswa pelatihan BLK Bandung," katanya.

Kepala Kejuruan Otomotif BBPLK Bandung Heru Wijayanto menyatakan BBPLK Bandung telah memiliki berbagai program pelatihan, peralatan yang dibutuhkannya, hingga instrukturnya yang telah mempraktikan pelatihannya langsung di dunia industri.

"Kami berharap level basic training BBPLK Bandung diperkuat, sehingga dunia industri tinggal melakukan upgrading-nya atau upskilling saja. Itu tujuan training partnership-nya," ujar Heru.

Salah seorang instruktur pelatihan Dimas Ari Prasetyo mengatakan melalui training partnership ini, ia dapat belajar press tool dan jig fixture, khususnya dalam hal desain dan pengaplikasiannya di mesin manufaktur sampai produk tersebut dapat diterapkan di BLK Bandung.

Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBLPK) Bandung kembali mengirim instruktur di bidang manufaktur ke PT. ATMI IGI CENTER Solo guna meningkatkan kemampuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News