JPNN.com

BBPP Kemnaker Dorong Perusahaan Gandeng UMKM Wujudkan SDM Unggul

Selasa, 12 November 2019 – 23:45 WIB BBPP Kemnaker Dorong Perusahaan Gandeng UMKM Wujudkan SDM Unggul - JPNN.com
Kepala Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi, Chairul Fadhly Harahap dengan Kepala Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Yan Rianto. Foto : Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan melalui Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) mengharapkan dan mengajak perusahaan atau buyer memberikan perhatian dan dukungan terhadap pelaku usaha baru, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Kepala BBPP Kemnaker Chairul Fadhly Harahap, langkah itu merupakan upaya mendukung program pemerintah tentang mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul menuju Indonesia maju.

Chairul mengatakan, guna mendorong kinerja UMKM memerlukan upaya pendampingan. Tujuannya adalah agar pelaku UMKM bisa merambah platform digital dan pasar ekspor.

"UMKM disebut sebagai penopang ekonomi Indonesia. Namun di tengah digitalisasi yang pesat, UMKM di tanah air belum bisa memaksimalkan peluang itu untuk meningkatkan usahanya," kata Chairul saat membuka focus group disscussion (FGD) bertema Kemitraan Buyer Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Melalui Ekonomi Kerakyatan di BBPP Kemnaker, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (12/11).

Chairul mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak UMKM sulit merambah pasar global untuk memasarkan produk mereka. Penyebabnya adalah kurangnya sosialisasi kepada pembeli (buyer).

Oleh karena itu, kata Chairul, harus ada kemitraan yang konsisten dan berlanjut antara buyer dan pemasok. Chairul mengharapkan hubungan buyer dan supplier dapat memberikan nilai lebih bagi kedua pihak.

"Fokus buyer bukan lagi memaksimalkan profitnya sendiri dan meminimalisasi profit UMKM. Kedua pihak berkolaborasi dalam meningkatkan value secara keseluruhan, " ujar Chairul.

BBPP, lanjut Chairul, memiliki peran dalam memediasi serta memfasilitasi UMKM dan perusahaan. Dengan demikian, katanya, UMKM dapat meningkat produktivitas dan omzetnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...