Bea Cukai Ajak Ratusan Mahasiswa Pahami Hal Ini

Bea Cukai Ajak Ratusan Mahasiswa Pahami Hal Ini
Bea Cukai menggelar seminar untuk menjelaskan peran dan fungsi dalam ekonomi nasional di dua wilayah, yakni Manado dan Malang. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggelar seminar untuk menjelaskan peran dan fungsi dalam ekonomi nasional di dua wilayah, yakni Manado dan Malang.

Di Manado, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara bersama Pemprov Sulawesi Utara menggelar seminar bertema “Dukungan Pemerintah dalam rangka Meningkatkan Perekonomian di Sulawesi Utara” yang digelar di Universitas Sam Ratulangi, Manado pada Selasa, (19/3).

Kegiatan ini diikuti sekitar 200 peserta yang merupakan mahasiswa dan dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Hal ini menjadi penting karena Sulawesi Utara adalah salah satu pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifk dan sangat berpotensi menjadi pusat perdagangan.

Sosialisasi itu diharapkan menjadi daya tarik investasi, terlebih dengan tersedianya penerbangan langsung Manado-Asia Timur dan direct call Sulut-Asia Timur melalui Pelabuhan Bitung sebagai International Hub Sea Port.

Tak hanya pemerintah daerah, dukungan pemerintah pusat juga penting salah satunya melalui fasilitas fiskal.

“Hal ini dapat diberikan melalui pembebasan atau penangguhan atas bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) atas bahan baku atau barang modal," kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar.

Dia menambahkan beragam fasilitas seperti kawasan berikat, kawasan ekonomi khusus (KEK), fasilitas pertambangan panas bumi dan migas serta gudang berikat dapat dimanfaatkan.

Bea Cukai menggelar seminar untuk menjelaskan peran dan fungsi dalam ekonomi nasional di dua wilayah, yakni Manado dan Malang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News