Bea Cukai Ambon Lepas Ekspor Udang Pertama dari Maluku

Bea Cukai Ambon Lepas Ekspor Udang Pertama dari Maluku
Pekerja saat packaging barang-barang yang akan diekspor. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, AMBON - Plh. Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Dwi Yogo Hardianto turut melepas dua belas buah kontainer ekspor udang (vannamei shrimp), pada Selasa (10/12) lalu di dermaga perusahaan PT Wahana Lestari Investama (WLI). Ekspor komoditas sector perikanan jenis udang ini merupakan ekspor perdana yang dilaksanakan langsung dari Ambon, sekaligus menambah panjang daftar eksportir baru di tahun 2019.

Kedua belas kontainer berisikan udang tersebut akan dikirim ke Cina menggunakan armada laut Kapal CMA CGM Newjersey. “PT WLI menambah lagi daftar eksportir yang melakukan ekspor langsung dari Ambon. Adapun beberapa perusahaan yang telah melaksanakan ekspor di tahun 2019 yaitu UD. Putri Desi, CV Sumber Harta Laut Mas, PT Air Biru Maluku, dan PT Rajawali Laut Timur,” ujar Dwi Yogo.

Dwi Yogo juga menyebutkan bahwa seluruh pengusaha memiliki kesempatan yang sama dengan PT WLI. Ia juga berharap bahwa akan lahir eksportir-eksportir baru yang dapat meneruskan usaha-usaha yang telah dibangun selama ini.

Menurut Dwi Yogo, devisa hasil ekspor yang masuk ke negara adalah sejumlah USD1.149.096,75 untuk ekspor perdana kali ini. Dengan adanya devisa tersebut, diharapkan Bea Cukai Ambon dapat memberikan kontribusi untuk menambah pendapatan asli daerah yang juga nantinya untuk membangun Maluku semakin maju.

“Kita semua berharap agar segala ikhtiar yang telah kita lakukan dapat bermuara kepada kesejahteraan masyarakat dan kemajuan ekonomi Maluku. Seluruh jajaran pimpinan terkait telah melakukan sinergi dengan segala daya dan upaya, kini tugas para pelaku perdagangan untuk memulai langkah agar dapat mendagangkan produk-produk mereka ke luar negeri. Tentunya dengan ekspor langsung dari Maluku, sebab ekspor itu mudah,” pungkas Dwi Yogo.(jpnn)

Bea Cukai Ambon melepas ekspor udang perdana melalui dermaga perusahaan PT Wahana Lestari Investama (WLI).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News