Bea Cukai Asistensi Pelaku IKM Demi Menyokong Pemulihan Ekonomi Nasional

Bea Cukai Asistensi Pelaku IKM Demi Menyokong Pemulihan Ekonomi Nasional
Petugas Bea Cukai sedang mendata produk ekspor hasil IKM. Foto: humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali melakukan asistensi kepada pengusaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang membutuhkan pendampingan mengenai ekspor. Salah satunya di bidang agrobisnis.

Langkah ini dilakukan jajaran Direktorat Jenderal Bea Cukai demi menyokong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tahun 2021.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga R Syarif Hidayat mengatakan Bea Cukai senantiasa memberikan pendampingan serta asistensi bagi IKM yang berencana melakukan ekspor.

Bea Cukai Sidoarjo mengawali program ini dengan melaksanakan asistensi dengan sistem jemput bola kepada produsen Ginger Coffee dan Ginger Green Tea D’Rick bertempat di Kavling Polda no 430, Kabupaten Sidoarjo.

Asistensi dilakukan dengan penyampaian persyaratan, prosedur, tata cara ekspor hingga memotivasi pengusaha IKM agar dapat mengembangkan usahanya hingga pasar internasional.

Hal serupa dilakukan Bea Cukai Bandar Lampung yang mengadakan Customs Visit Customer kepada PT Sucden Coffee Indonesia. PT Sucden Coffee Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ekspor dengan hasil produksi berupa kopi.

Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung Esti Wiyandari mengapresiasi langkah PT Sucden Coffee Indonesia  atas penerapan CCTV dan IT Inventory terbaik di tahun 2020.

"Kami sampaikan apresiasi atas kerja sama dari PT Sucden Coffee Indonesia atas kinerja selama tahun 2020 ini. Kami harap dengan kegiatan kali ini dapat meningkatkan pelayanan ekspor yang diberikan pada tahun-tahun ke depan," ungkap Esti.

Asistensi Bea Cukai terhadap pelaku IKM diharapkan mampu meringankan beban pelaku usaha dan mendukung PEN 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News